Informasi terbaru seputar tips ibu hamil, kesehatan ibu dan anak,tips ibu menyusui, perkembangan kandungan, bayi dan janin serta kehamilan secara lengkap dan terpercaya.

Kenali 6 Tanda dan Gejala Menjelang Persalinan

Kenali 6 Tanda dan Gejala Menjelang Persalinan - Selamat kepada para ibu hamil yang sudah memasuki usia kehamilan di minggu-minggu terakhir yang akan menjelang momen persalinan, pasti rasanya was-was, deg-degan pokoknya campur aduk jadi satu bercampur bahagia. Masa menunggu waktu kelahiran pastilah terasa lamban karena ibu sudah tidak sabar untuk segera bertemu dengan buah hati yang sebentar lagi akan melengkapi keluarga kecilnya. Tapi sudah tahukah ibu, tanda dan gejala apa sajakah yang muncul ketika proses persalinan normal semakin dekat? Berikut kita bahas tips menjelang persalinan dengan tanda dan gejala yang sering terjadi pada ibu hamil yang akan mengalami persalinan berdasarkan pengalaman dan kacamata medis
Tanda dan Gejala Menjelang Persalinan
Ibu Hamil  Menjelang Persalinan

#Nyeri pada daerah selangkangan
Nyeri pada daerah ini disebabkan karena otot-otot di  sekitarnya menengang yang diakibatkan karena kepala janin sudah berada di bawah untuk mempersiapkan kelahiran. Jika sudah memasuki usia minggu ke 39 hingga 41, nyeri akan semakin terasa karena waktu persalinan juga semakin dekat. Lakukan senam menjelang kelahiran untuk mengurangi rasa nyeri yang dirasakan.

#Sering buag air kecil
Ibu yang sudah memasuki usia kehamilan trimester ketiga tentunya sudah mulai mengalami sering buang air kecil yang diakibatkan karena adanya tekanan dari janin pada daerah kantung kemih. Ukuran janin yang semakin membesar menyebabkan kantung kemih menjadi terdesak sehingga ibu hamil mulai merasakan frekuensi buang air kecil yang sering walaupun hanya sedikit. Ibu juga akan mulai sering merasakan buang angin dan merasakan mulas seperti rasa ingin buang air besar.

#Perut menjadi mengeras
Daerah permukaan perut yang kadang menjadi mengeras dapat saja disebabkan oleh posisi janin yang sudah turun ke daerah mulut rah!m. Selain itu juga dengan mulai terasa mulas pada ibu hamil yang kadang muncul, juga dapat memicu mengerasnya permukaan perut.

#Kontraksi
Kadang ibu hamil yang sudah akan menjelang persalinan, tidak menyadari dengan adanya kontraksi pada bagian perut, entah karena mungkin perhatian sedang teralihkan pada kegiatan atau kurang mengenali adanya kontraksi. Kontraksi sendiri merupakan tanda penting ketika akan menjelang persalinan, karena kontraksi merupakan proses dimana janin sudah mempersiapkan diri untuk proses kelahiran karena terkadang bayi masih aktif, jadi jangan abaikan apabila kontraksi yang ibu rasanya semakin sering dirasakan dan ada yang menjelang persalinan gerakan janin berkurang.

#Muncul flek darah
Pada awalnya ibu hanya akan merasakan gelaja munculnya lendir pada daerah kewanitaan yang hampir sama dengan keputihan, lendir dan darah ini yang menyelimuti leher rah!m selama ibu menjalani masa kehamilan sehingga dapat menghambat bayi anda selama dalam kandungan. Tetapi bila anda sudah mengalami keluar lendir dari daerah kewanitaan dan kemudian disusul dengan adanya flek darah yang keluar, segralah anda pergi ke Rumah Sakit atau bidan terdekat, karena itu merupakan tanda bahwa anda akan segera melahirkan.

#Pecah ketuban
Jika anda sudah merasakan gejala dan tanda seperti merasakan ingin buang air kecil yang tidak tertahankan,  segera anda waspada, karena ini bisa saja anda akan mengalami pecah ketuban. mungkin ibu tidak benar-benar ingin buang air kecil, tetapi hati-hati bila ada rembesan atau semburan air seperti rasa mengompol. Jika ketuban anda sudah pecah, itu artinya janin sudah siap untuk dilahirkan karena cairan dari ketuban yang akan membantu anda saat proses persalinan agar berjalan cepat, jangan sampai ketika anda sudah mengalami pecah ketuban tetapi tidak segera mendapat pertolongan karena selang waktu antara anda pecah ketuban adalah waktu emas, jika sampai terlambat akan membahayakan janin yang akan anda lahirkan.

Baca juga ya sebelum melahirkan ada baiknya mempersiapkan keperluan apa saja bagi sang buah hati berikut ini : 
"Tips Mempersiapkan Kelahiran Sang Buah Hati"
Bila ibu yang sudah cukup usia kehamilannya mengalami gejala dan tanda persalinan seperti di atas, sebaiknya segera mendapat pertolongan oleh bidan atau dokter, karena bila sampai terlambat akan membahayakan janin yang akan lahir. Semoga artikel 6 Tanda dan Gejala Menjelang Persalinan ini bermanfaat  sehingga mengurangi rasa takut menjelang persalinan dan mengurangi beban psikologi menjelang persalinan anda. Jangan sampai anda tidak menghiraukan gejala dan tanda seperti di atas, dan jangan sampai keliru mengartikan tanda-tanda yang sudah muncul.

http://gadisya.com/
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Kenali 6 Tanda dan Gejala Menjelang Persalinan