Informasi terbaru seputar tips ibu hamil, kesehatan ibu dan anak,tips ibu menyusui, perkembangan kandungan, bayi dan janin serta kehamilan secara lengkap dan terpercaya.

Tips Mengatasi Masalah yang Timbul pada Masa Kehamilan

Tips Mengatasi Masalah yang Timbul pada Masa Kehamilan - Pada masa kehamilan, tentu tubuh akan banyak mengalami perubahan seiring dengan tanda-tanda hamil yang mulai kelihatan secara nyata. Ciri-ciri orang hamil mulai dari perubahan fisik dengan semakin membesarnya perut, atau juga perubahan emosi karena pengaruh dari hormon.
Tips Mengatasi Masalah yang Timbul pada Masa Kehamilan
Tips Mengatasi Masalah yang Timbul pada Masa Kehamilan
Maka dari itu sebaiknya sangat disarankan kepada anda apabila sudah dinyatakan benar-benar hamil segera untuk membuat sendiri tabel perkembangan kehamilan anda dengan kalkulator kehamilan. Pada wanita hamil, akan timbul banyak masalah yang dapat mengganggu aktivitas dan keseharian anda. Berikut adalah beberapa tips untuk mengatasi masalah yang timbul pada wanita hamil trimester pertama, trimester kedua dan trimester ketiga:


Pada masa awal kehamilan, ibu hamil akan merasakan mudah lapar. Hal ini dapat ibu hamil siasati dengan makan sedikit demi sedikit tetapi sering agar pencernaan anda tidak “kaget”, jangan melakukan kegiatan sekali makan dengan porsi banyak, karena dapat menyebabkan mual dan muntah. Pada masa ini, jangan heran bila ibu hamil dapat makan lebih dari 3 kali sehari.

Mual dan muntah terjadi pada sebagian besar pada awal kehamilan. Hal ini membuat anda tidak nyaman. Yang perlu anda lakukan adalah dengan pada pagi hari setelah anda bangun tidur, usahakan untuk duduk terlebih dahulu, jangan langsung turun dari kasur dan melakukan aktivitas. Setelah anda duduk, coba untuk sedikit memakan biskuit atau cemilan yang anda siapkan di samping tempat tidur anda, hal ini bertujuan untuk mengurangi gejala mual pada pagi hari. Setelah itu anda dapat melanjutkan dengan sarapan ringan atau minum teh hangat atau wedang jahe untuk mengurangi gejala mual dan muntah.

Selama masa kehamilan, anda akan mengalami gejala konstipasi dan keputihan saat hamil. Perbanyaklah konsumsi makanan yang banyak mengandung serta untuk memperlancar BAB anda. Serat dapat diperoleh dari sayuran hijau atau buah seperti pepaya atau alpukat.

Tips mengatasi masalah pada kehamilan trimester kedua

Karena tubuh sudah mulai mudah mengalami lelah dan capek, perbanyaklah istirahat dan kurangi aktivitas yang terlalu berat. Anda dapat menaikkan kaki anda ketika tidur untuk mengurangi rasa nyeri ketika keesok paginya bangun.

Pada kehamilan trimester kedua, nafsu makan ibu hamil mengalami peningkatan, yang dibutuhkan untuk proses perkembangan janin. Makanlah dengan porsi yang cukup, kemudian anda dapat menambahkan cemilan atau snack sebagai selingan dari makanan utama. Cemilan yang dapat anda konsumsi seperti biskuit atau roti gandum, potongan buah-buahan, salad,  atau jus buah.

Perbanyaklah konsumsi makanan yang mengandung vitamin, mineral, asam folat dan zat besi. Kebutuhan pada masa kehamilan sangat kompleks, ini karena yang membutuhkan nutrisi bukan hanya ibu tetapi juga janin dalam kandungan. Zat besi dibutuhkan untuk mencegah terjadinya anemia pada ibu hamil, dapat anda konsumsi dari sayuran seperti bayam atau sawi. Asam folat juga penting dibutuhkan untuk membantu pembentukan otak janin. Asam folat banyak terdapat pada buah alpukat, dapat anda makan sebagai buah atau anda buat jus buah. Kalsium juga penting untuk pembentukan tulang dan gigi anak anda kelak, sehingga konsumsilah jenis susu dan olahannya seperti keju atau yogurt.

Tips mengatasi masalah pada kehamilan trimester ketiga

Keluhan ibu hamil trimester ketiga, kebanyakan anda akan mudah mengalami edema atau bengkak pada kaki atau bagian tubuh yang lainnya karena penumpukan cairan dalam tubuh. Hal ini dapat anda atasi dengan menaikkan kaki anda ketika tidur malam hari atau ketika beristirahat. Kurangi kegiatan yang membutuhan waktu berdiri terlalu lama, atau duduk yang terlalu lama.
Bila anda tidak mempunyai riwayat penyakit tekanan darah tinggi, dan tiba-tiba tekanan darah anda menjadi tinggi, sebaiknya anda segera memeriksakan ke dokter yang menangani anda. Hal ini untuk menghindari terjadinya preeklamsia, yang dapat menyebabkan resiko pada waktu anda akan melahirkan.

Perbanyaklah konsumsi protein, baik hewani maupun nabati. Protein disini dibutuhkan untuk kelak membantu mempercepat pengeringan luka ketika melahirkan dan juga sebagai pembentukan sel baru yang rusak dan mati. Protein nabati bisa diperoleh dari makanan jenis kacang-kacangan dan protein hewani dapat diperoleh dari jenis daging serta susu. Minumlah susu yang diperuntukkan bagi ibu hamil minimal 2 gelas sehari untuk pemenuhan nutrisi anda.

Disarankan bagi ibu hamil untuk tetap mengkonsumsi makanan yang bergizi dan beristirahat yang cukup. Karena pada masa ini, kondisi anda harus benar-benar fit agar dapat mempersiapkan proses persalinan dan juga beban yang anda rasakan semakin berat. Jangan sampai anda terlalu kelelahan karena dapat membahayakan kandungan anda. Nah satu lagi mungkin masalah yang muncul di saat memasuki trimester ketiga yaitu soal posisi tidur yang baik sehingga tidur dapat nyenyak dan nyaman, berikut ini posisi tidur yang perlu kamu ketahui:
Posisi Tidur yang Baik bagi Ibu Hamil yang Wajib Diketahui

Itulah beberapa ulasan tentang Tips Mengatasi Masalah yang Timbul pada Masa Kehamilan yang dapat anda gunakan untuk mengatasi masalah yang timbul selama masa kehamilan anda. Usahakan ibu hamil untuk tetap sehat agar dapat menikmati proses kehamilan hingga lancar pada persalinan kelak. 

http://gadisya.com/
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Tips Mengatasi Masalah yang Timbul pada Masa Kehamilan