Informasi terbaru seputar tips ibu hamil

Tips Mempersiapkan Kelahiran Sang Buah Hati

Tips Mempersiapkan Kelahiran Sang Buah Hati - Ketika kehamilan sudah memasuki usia trimester ketiga, tentu ibu hamil sudah mengalami banyak rasa khawatir dan cemas akan proses menanti kelahiran sang buah hati yang sebentar lagi akan dihadapi. Jika ibu menginginkan proses kelahiran normal, tentunya ibu sudah belajar tips mempersiapkan kelahiran normal sekaligus kesiapan fisik dan mental.
Tips Mempersiapkan Kelahiran Sang Buah Hati
Tips Mempersiapkan Kelahiran Sang Buah Hati
Rasa ketakutan tentang bagaimana untuk melewati proses kelahiran secara normal bagi ibu hamil yang akan melahirkan anak pertamanya sudah pasti dapat memicu stres yang berlebih sehingga sangat perlu diperhatikan persiapan fisik menjelang persalinan agar tetap fit dan persiapan mental sebagai persiapan melahirkan anak pertama normal. Tetapi ibu jangan terlalu diliputi rasa ketakutan, semuanya dapat anda lewati dengan beberapa proses di bawah ini untuk membantu mempersiapkan proses kelahiran buah hati anda :


#Ajaklah buah hati anda “berkomunikasi”
Janin saat sudah memasuki usia 16 minggu, sudah dapat mendengar suara dari luar, terutama suara dari sang ibu. Cobalah ketika anda sedang beristirahat dan santai, ajaklah buah hati anda berbicara, usapkan pelan-pelan telapak tangan anda ke permukaan perut anda, berbicaralah dengan sang buah hati bahwa anda bahagia memilikinya, berilah kata-kata yang membuat buah hati anda senang, karena janin dalam kandungan dapat merasakan apa yang ibunya rasakan.

Bila sang ibu mengeluhkan dan merasakan kecemasan serta ketakutan, janin anda dalam kandungan juga dapat merasakannya. Usahakan “berkomunikasi” dengan kata-kata yang bersemangat, katakan pada buah hati anda bahwa anda dan buah hati anda pasti dapat melewati proses kelahiran yang sebentar lagi datang dengan lancar dan tenang, katakan bahwa anda dan ayahnya serat semua keluarga sudah tidak sabar untuk bertemu dengan buah hati anda, kata-kata positif seperti tersebut dapat menenangkan anda dan juga buah hati anda, jadi lakukan setiap anda sedang bersantai. Atau dengan bacakan puisi menanti kelahiran buah hati atau kata mutiara menunggu kelahiran sang buah hati

#Persiapkan mental dan fisik anda
Bagi ibu hamil yang mengandung anak pertama, tentunya belum begitu banyak memiliki pengalaman dalam hal menjelang persalinan dan merawat buah hatinya. Mungkin anda dapat bertanya pada ibu anda atau saudara tentang bagaimana melewati proses persalinan yang normal, sehingga anda dapat mengurangi rasa ketakutan anda. Bacalah artikel atau buku mengenai bagaimana melewati proses persalinan dan merawat buah hati yang baru lahir untuk mempersiapkan kelahiran anak pertama. Mintalah dukungan keluarga dan terutama suami anda untuk sama-sama saling memberi semangat. Hindari ketakutan dan kecemasan yang berlebih, karena dapat membuat anda merasa terbebani dan tertekan. Dengan dukungan orang-orang disekitar anda, secara tidak langsung dapat menenangkan anda.

#Persiapkan perlengkapan buah hati setelah lahir
Mempersiapkan perlengkapan bayi menjelang persalinan tentu memberikan energi yang positif tersendiri bagi ibu. Dengan membayangkan sebentar lagi buah hati anda akan segera lahir, dapat membuat kebahagiaan tersendiri bagi sang ibu. Mulailah mempersiapkan perlengkapan bagi buah hati anda  4 minggu sebelum menjelang kelahiran, mulai dari membeli baju dan celana, sepatu, kaos kaki dan kaos tangan, seperangkat tempat tidur untuk bayi, gedong bayi, popok dan selimut bayi, juga pemompa ASI untuk perlengkapan lainnya.  Dan jangan lupakan juga bu perlengkapan untuk ibu setelah melahirkan , seperti pembalut pasca melahirkan, baju dan bra yang khusus untuk ibu menyusui serta baju-baju yang berkancing depan agar mudah saat ibu akan menyusui buah hatinya.
Baca juga tips khusus berikut ini bagi yang berat janinnya belum cukup atau belum normal: “5 Tips Menambah Berat Badan Janin dalam Kandungan
#Banyak membaca dan cari tahu

Jika anda baru akan menghadapi persalinan yang pertama kali, tentu anda masih minim pengetahuan tentang proses dan cara melewatinya. Banyaklah membaca buku atau artikel tentang tips mempersiapkan kelahiran normal bagi sang buah hati dan bagaimana mengetahui tanda-tanda menjelang persalinan, dan bagaimana cara merawat buah hati yang baru saja dilahirkan. Cari tahulah sebanyak mungkin informasi untuk pengetahuan anda, sehingga dapat mengurangi rasa kecemasan anda ketika akan menghadapi proses persalinan. Dengan menekan rasa takut dan cemas anda, anda dapat menikmati setiap proses menjelang kelahiran buah hati anda.