Informasi terbaru seputar tips ibu hamil, kesehatan ibu dan anak,tips ibu menyusui, perkembangan kandungan, bayi dan janin serta kehamilan secara lengkap dan terpercaya.

Posisi Tidur yang Baik bagi Ibu Hamil

Posisi Tidur yang Baik bagi Ibu Hamil - Tidur merupakan kebutuhan manusia untuk mengistirahatkan badan setelah melakukan berbagai kegiatas seharian. Bagi para ibu hamil yang sudah memasuki hamil tua, keadaan perut tentunya sudah mulai membesar. Kondisi ini juga mempengaruhi ke segala hal dalam kehidupan sehari-hari, mulai dari beraktivitas di rumah atau dalam pekerjaan. Rasa mudah lelah pun mulai menghampiri. Bagi ibu hamil muda yang biasanya masih nyaman dengan posisi tidur seperti terlentang atau bahkan tengkurap, saat ini anda harus memperhatikan posisi tidur anda saat memasuki masa-masa hamil tua. Rasa tidak nyaman saat tidur tentunya juga mempengaruhi kualitas tidur anda, inilah alasan posisi tidur yang baik bagi ibu hamil tua
Posisi Tidur yang Baik bagi Ibu Hamil
Posisi Tidur yang Baik bagi Ibu Hamil
Perlu diketahui bahwa ketika anda memasuki usia kehamilan 16 minggu, anda biasakan untuk tidur menghadap sebelah kiri atau kanan. Karena posisi ini memberi keuntungan untuk bayi anda untuk mendapatkan aliran darah dan nutrisi yang maksimal ke  plasenta karena adanya vena besar dibagian belakang sebelah kanan svina yang mengembalikan aliran darah ke tubuh bagian bawah ke jantung. Posisi miring menghadap kanan atau kiri juga dapat membantu ginjal untuk membuang sisa produk dan cairan dari tubuh ibu sehingga mengurangi pembengkakan pada kaki, pegelangan kaki dan tangan, sehingga ketika anda bangun tidur pada pagi hari anda tidak merasakan nyeri pada bagian tangan atau kaki yang diakibatkan dari penumpukan cairan dalam tubuh.

Posisi Tidur yang Baik bagi Ibu Hamil  sangat berpengaruh terhadap perkembangan janin agar tidak sungsang saat usia kehamilan memasuki 5 bulan, 6 bulan, 7 bulan, 8 bulan dan 9 bulan. Posisi tidur terlentang kurang begitu disarankan saat anda memasuki kehamilan usia 16 minggu, hal ini karena bayi anda akan kurang menerima udara. Dan selain itu juga posisi terlentang akan menumpukan beban berat badan anda ke belakang, yang akan mengakibatkan berbagai gangguan yaitu gangguan pernafasan seperti sesak atau gangguan pencernaan dan wasir. Pada beberapa wanita bahkan ada yang mengalami tekanan darah yang tinggi dengan posisi tidur terlentang, hal ini tentu tidak bagus untuk ibu hamil dengan tekanan darah yang tinggi, yang dapat mengancam keselamatan calon bayi dan sang ibu sendiri. Selain masalah posisi tidur masih ada yang perlu anda ketahui yaitu 5 lagi pantangan bagi ibu hamil, berikut ini:
5 Pantangan yang Wajib bagi Ibu Hamil Ketahui
Bagi anda yang saat hamil muda masih tidur dengan posisi tengkurap, mulai saat anda memasuki usia kehamilan trimester kedua dan ketiga, sebaiknya anda rubah kebiasaan saat anda trimester pertama dulu. Karena kondisi perut anda tentu sudah mulai membesar, anda akan merasa tidak nyaman dan pasti was-was jika tidur dengan posisi ini. Jika anda pada malam hari terbangun dari tidur dengan posisi tengkurap, tidak usah khawatir anda mencelakai bayi anda, segera rubah posisi tidur anda untuk bergantian menghadap kanan atau kiri.

Carilah posisi yang membuat tidur menjadi berkualitas, dapat dengan bergantian menghadap kanan atau kirim sehingga tidak satu sisi dari tubuh yang menyangga beban dari badan anda yang dapat mengakibatkan pegal pada keesok harinya. Jika anda mengalami pegal karena tidak terbiasa dengan posisi tidur miring, cobalah taruh bantal di punggung atau diantara lutut untuk mengganjal perut anda, atau jika tidak anda dapat membeli kasur yang dikhususkan untuk ibu hamil yang sekaligus dapat digunakan untuk saat menyusui kelak. Itulah tadi sedikit tips tentang bagaimana Posisi Tidur yang Baik bagi Ibu Hamil semoga bermanfaat bagi bumil yang mengalami masalah sulit tidur saat hamil.

http://gadisya.com/
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Posisi Tidur yang Baik bagi Ibu Hamil