Informasi terbaru seputar tips ibu hamil, kesehatan ibu dan anak,tips ibu menyusui, perkembangan kandungan, bayi dan janin serta kehamilan secara lengkap dan terpercaya.

Makanan yang Disarankan pada Kehamilan Trimester Pertama

Makanan yang Disarankan pada Kehamilan Trimester Pertama - Kehamilan merupakan sesuatu hal yang sangat ditunggu oleh pasangan yang baru menikah. Membayangkan akan memiliki bayi yang lucu dan sehat, membuat para ibu yang hamil muda merasakan was-was dan cemas dengan apa saja yang masuk ke dalam tubuhnya, terutama konsumsi makanan sehari-hari.
Makanan yang Disarankan pada Kehamilan Trimester Pertama
Makanan yang Disarankan pada Kehamilan Trimester Pertama

Banyak makanan dan minuman yang dihindari karena takut terjadi sesuatu yang tidak diinginkan pada calon bayinya, sehingga nutrisi yang masuk ke dalam tubuh pun menjadi berkurang. Berikut adalah beberapa contoh makanan sehat yang dapat anda konsumsi pada fase kehamilan trimester pertama, agar kebutuhan nutrisi anda dan calon bayi anda tercukupi. Disamping itu ibu bayi perlu melakukan deteksi dini kehamilan trimester pertama untuk memastikan sang jabang bayi kondisinya sehat.


#Sayur-sayuran
Konsumsi sayuran dapat membantu anda untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dalam tubuh. Gejala mual dan muntah (morning sickness) pada ibu hamil trimester pertama tentunya tidak dapat dihindari. Ada ibu hamil muda yang mengalami mual dan muntah sewajarnya, ada pula yang sampai parah hingga dehidrasi. Sayuran hijau yang dapat membantu anda untuk mengurangi gejala mual muntah, seperti bayam, yang juga mengandung zat besi yang dapat mencegah terjadinya anemia pada ibu hamil.

Kandungan asam folat juga dibutuhkan pada masa awal kehamilan atau sudah muncul tanda kehamilan trimester pertama. Untuk pembentukan oragn-organ penting pada janin sehingga menghindari cacat pada janin. Contoh sayuran yang mengandung asam folat adalah seperti asparagus, brokoli atau daun sawi.

#Buah-buahan
Pada masa kehamilan muda, usahakan mengkonsumsi buah segar, bukan buah yang sudah dalam kemasan kalengan, karena ditakutkan ada tambahan bahan-bahan kimia seperti pengawet dan perasa pada buah kalengan. Buah sangat diperlukan untuk memenuhi nutrisi ibu hamil dan calon buah hati, sehingga sangat dianjurkan juga untuk mengkonsumsinya setiap hari sebagai pendamping makanan pokok. Gangguan pencernaan seperti sembelit biasanya juga mulai terjadi pada awal kehamilan, anda dapat mengkonsumsi buah pepaya matang dan alpukat karena banyak terdapat serat yang dapat membantu melancarkan BAB. Buah pisang adalah contoh bagus untuk dikonsumsi pada masa awal kehamilan trimester pertama ini.

Tetapi tidak semua buah dapat anda konsumsi ketika masih awal kehamilan, contohnya seperti buah nanas dan durian serta anggur. Buah tersebut akan menyebabkan gejala abortus dini, karena membuat rahim anda menjadi terasa panas. Hindari juga makanan tape dan olahannya selama kehamilan.

#Susu dan olahannya
Seperti yang sudah banyak orang ketahui, susu mengandung kalsium yang baik bagi kesehatan tulang. Selain itu susu dan olahannya seperti keju dan yogurt, sangat banyak mengandung protein yang akan dibutuhkan oleh tubuh untuk pembentukan sel dan organ penting pada bayi. Sehingga pada ibu pada masa awal kehamilan disarankan untuk memkonsumsi susu yang sudah dimasak matang sebagai nutrisi kehamilan trimester pertama, tidak disaankan susu segar yang di perah langsung dari sapi karena dikhawatirkan terdapat virus toksoplasma yang dapat mengganggu kehamilan.

#Kacang-kacangan
Memang belum ada bukti penelitian bahwa makanan jenis kacang-kacangan berpengaruh besar atau tidak pada masa awal kehamilan. Tapi disini kita ambil sisi dari bahwa kacang-kacangan tersebut merupakan sumber protein nabati. Sehingga dari kandungan proteinnya dapat ibu hamil gunakan sebagai sumber energi. Misalnya seperti kacang kedelai, kacang hijau atau kacang merah, juga ada almond yang dapat dikonsumsi selama masa awal kehamilan.

#Minuman
Mungkin terlalu luas maknanya tetapi dari sini akan kita sederhanakan dengan minuman yang tidak disarankan kepada ibu hamil muda, seperti alkohol. Minum air putih sebagai pemenuh kebutuhan cairan tubuh dan untuk mencegah dehidrasi karena gejala mual dan muntah yang terjadi. Selain itu, jika anda penggemar minuman kopi atau teh, anda masih bisa minum tetapi dengan batas tertentu. Kopi hanya diperbolehkan 2 gelas per hari dan teh 4 gelas per hari, itu juga sebaiknya anda konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter kandungan yang menangani kehamilan anda.

Ada juga mitos air kelapa muda yang dapat membuat kulit calon bayi menjadi bersih ketika lahir nanti, tapi ada juga yang melarang minum air kelapa muda karena dapat membuat cairan ketuban menjadi keruh. Disisi lain air kelapa muda dapat digunakan sebagai cairan elektrolit alamai tubuh sehingga tubuh tidak kekurangan cairan.

Selain anda memperhatikan jenis makanan apa yang anda konsumsi, sebaiknya anda juga perhatikan jadwal anda makan. Kadang, karena mengalami mual dan muntah, ibu hamil jadi merasa tajut untuk makan, hal itu tentunya merugikan ibu hamil dan bayinya karena kebutuhan nutrisinya berkurang. Baiknya anda aturjadwal dan pola makan anda, dengan makan sedikit demi sedikit tetapi tidak sampai kenyang. Bisa juga diseling antara makanan utama dengan buah-buahan, sehingga nutrisi yang masuk dalam tubuh tetap terjaga asupan gizinya.

Bagi anda ibu hamil yang baru pertama kali mau menimang buah hati dan belum mempunyai pengalaman seputar masalah-masalah saat kehamilan maka simak ulasan berikut ini:
TipsMengatasi Masalah-masalah yang Timbul Saat Masa Kehamilan Trimester 1, 2, dan 3

Semoga tips seputar Makanan yang Disarankan pada Kehamilan Trimester Pertama di atas bermanfaat bagi anda yang sedang mengalami masa awal kehamilan saat trimester pertama, tetapi hal di atas hanya saran, mungkin anda ada alergi terhadap suatu makanan, atau anda sedang membuat makalah atau penelitian seputar kehamilan trimester pertama maka hal ini harus anda konsultasikan dan sebisa mungkin dalam pengawasan dokter anda agar tidak terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan pada ibu hamil dan calon bayinya.

http://gadisya.com/
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Makanan yang Disarankan pada Kehamilan Trimester Pertama