Informasi terbaru seputar tips ibu hamil, kesehatan ibu dan anak,tips ibu menyusui, perkembangan kandungan, bayi dan janin serta kehamilan secara lengkap dan terpercaya.

5 Hal Penting yang menjadi Pantangan bagi Ibu Hamil

Hal Penting yang menjadi Pantangan bagi Ibu Hamil - Seorang wanita yang sedang dalam masa di awal kehamilan tentu memiliki perhatian yang tinggi terhadap perkembangan janinnya, sehingga sering merasakan khawatir jika akan mengkonsumsi makanan atau minuman atau akan melakukan aktivitas.  Apalagi saat kehamilan masih memasuki 1 minggu atau trimester pertama masih banyak pantangan bagi ibu hamil trimester pertama. Berbeda saat sudah memasuki usia 7 bulan atau 8 bulan mungkin perasaan anda bisa sedikit tenang,
5 Hal Penting yang menjadi Pantangan bagi Ibu Hamil
5 Hal Penting yang menjadi Pantangan bagi Ibu Hamil 
Perlu diketahui bahwa ada beberapa pantangan bagi ibu hamil yang sebaiknya dihindari dahulu ketika dalam masa kehamilan, agar tidak mengganggu proses berkembangnya janin. Banyak sekali pantangan jika dipandang dari berbagai sudut yaitu pantangan bagi ibu hamil dalam islam, pantangan bagi ibu hamil menurut adat jawa. Berikut adalah beberapa hal penting pantangan yang sebaiknya ibu hamil hindari agar tidak timbul hal yang mengkhawatirkan:

5 Hal Penting Pantangan dan Larangan bagi Ibu Hamil

#Alkohol

Minuman atau makanan yang terbuat dan mengandung sedikit alkohol atau dalam jumlah yang melebihi batas, sebaiknya ibu hamil hindari dahulu. Pada orang yang tidak hamil saja, alkohol dapat menimbulkan hal yang berbahaya bagi kesehatan, tentu efek buruk juga akan lebih besar timbul jika terjadi pada ibu hamil. Alkohol dapat menyebabkan hal buruk seperti keguguran pada ibu hamil, cacat kelahiran dan IQ rendah pada anak ketika sudah lahir.

#Merokok

Jika anda seorang wanita yang aktif merokok, sebaiknya anda berhenti mulai dari sekarang. Rokok mengandung banyak zat berbahaya seperti nikotin dan tar, yang dapat menyebabkan kerusakan organ-organ dalam tubuh seperti paru-paru dan dapat menimbulkan keguguran dan cacat janin. Bagi anda yang seorang perokok pasif, hindari tempat umum yang memungkinkan anda terpapar asap rokok, karena bahayanya lebih besar terjadi pada perokok pasif daripada perokok aktif itu sendiri.

#Makanan mentah

Mungkin beberapa dari memiliki hobi menyantap makanan yang disajikan mentah dan segar seperti susi atau salad. Bila anda sedang dalam kondisi hamil, sebaiknya anda hentikan dulu kegemaran anda tersebut. Makanan yang diolah mentah atau setengah matang, tentu membuat kuman atau bakteri yang terdapat dalam bahan makanan tersebut tidak mati, hal ini dapat membahayakan anda yang sedang dalam masa kehamilan karena bisa saja virus toksoplasma yang membahayakan bagi janin terdapat pada sayuran atau daging yang pengolahannya tidak matang yang anda santap tersebut.

#Makan makanan yang tidak dicuci

Hal ini mungkin sepele jika anda lakukan, tapi bahan sayuran atau buah-buahan yang akan konsumsi, sebaiknya anda cuci bersih menggunakan air matang dan sabun pembersih bahan sayur dan buah yang sekarang banyak dijual di pusat perbelanjaan. Hal ini bertujuan agar virus toksoplasma yang dapat membahayakan janin anda, dapat hilang sebelum dikonsumsi. Pastikan hal yang akan anda konsumsi sudah higienis dan bersih sebelum anda santap, karena bagaimanapun virus toksoplasma bisa terdapat pada sayuran yang tidak dicuci bersih atau pada daging yang pengolahannya tidak matang sempurna.

#Beraktivitas terlalu berat

Ketika anda sudah mengetahui bahwa anda sedang mengandung, sebaiknya anda mengurangi aktivitas anda terutama yang berat. Aktivitas berat dapat memicu kontraksi pada kandungan anda, yang dapat memicu keguguran dini. Pilihlah aktivitas yang sekiranya tidak terlalu menguras tenaga anda, dan batasi pula kegiatan anda yang tidak terlalu penting. Jika anda mengendarai kendaraaan anda sendiri, berhati-hatilah di jalanan, dan bila anda seorang ibu yang beraktivitas di dalam rumah, baiknya anda jangan terlalu memforsir tenaga. Jika anda merasakan lelah, segera istirahatkan badan anda, dan konsumsilah air putih yang cukup untuk memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh.

#Jangan mudah mengkonsumsi obat sembarangan

Saat masa kehamilan, tentunya badan kita akan mengalami berbagai perubahan. Hal ini yang dapat memicu munculnya berbagai rasa yang tidak nyaman dalam tubuh. Terutama ketika tubuh kita mengalami penurunan daya tahan tubuh, penyakit seperti batuk, flu, pusing atau demam akan mudah menghampiri. Bila hal ini terjadi, anda jangan langsung minum obat yang biasa anda minum ketika tidak hamil. Karena ada beberapa obat yang tidak diperbolehkan dikonsumsi pada ibu hamil. 

Konsultasikan atau mintalah obat pada dokter kandungan yang menangani anda, karena obat yang akan anda konsumsi tidak boleh mengganggu perkembangan janin anda. Satu hal lagi jangan sering-sering berendam air panas, karena berendam air panas bagi ibu hamil dapat menyebabkan janin terganggu

Ulasan di atas hanyalah sedikit tips dari 5 hal penting yang menjadi pantangan untuk ibu hamil. Untuk baiknya anda dapat mengantisipasi dan mengupayakan sendiri untuk menjaga kesehatan anda dan janin anda.  Karena masa kehamilan adalah masa yang rawan, sebaiknya anda berhati-hati menjaga kandungan anda dan berpantang dengan kebiasaan anda.

http://gadisya.com/
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 5 Hal Penting yang menjadi Pantangan bagi Ibu Hamil